Assalamu alaikum Kawan-kawanku yang SMART!
Sebelum kita mengikuti UKG, kita latihan kerjuakan soal UKG khusus materi Pedagogig ya....
UKG
pedagogig
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. pengukuran (x)
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi (x)
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. (x)
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip, (x)
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor (x)
d. psikologis
e. kepribadian
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. pengukuran (x)
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi (x)
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. (x)
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip, (x)
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor (x)
d. psikologis
e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta
kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung; (x)
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran
dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam
menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri (x)
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya (x)
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri (x)
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya (x)
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait
dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi
yang sudah dipelajari sebelumnya, (x)
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran
lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan; (x)
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan; (x)
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi; (x)
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain
psicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan
karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan
karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan
karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme; organisasi, dan
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme; organisasi, dan
karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan
karakterisasi dari nilai (x)
13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan
13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan
Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..(x)
e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis (x)
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran. (x)
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..(x)
e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis (x)
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran. (x)
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
16. Penilaian yang meminta peserta
didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks
yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck (x)
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes
17. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar (x)
e. kompetensi komperhensip
18. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal
a. penilaian projeck (x)
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes
17. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar (x)
e. kompetensi komperhensip
18. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal
tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif (x)
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
19. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
a. adil
b. obyektif (x)
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
19. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid (x)
d. sistematis
e. akuntabel
a. adil
b. obyektif
c. valid (x)
d. sistematis
e. akuntabel
20. Penilaian yang dilakukan secara
berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil (x)
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
21. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio (x)
22. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta
a. adil (x)
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
21. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio (x)
22. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta
didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah
salah satu
kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara (x)
e. portofolio
23. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara (x)
e. portofolio
23. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk
dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi (x)
d. keterpakaian
e. kompleksitas
24. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi (x)
d. keterpakaian
e. kompleksitas
24. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti
seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda
berdasarkan kaidah:
a. materi (x)
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan
a. materi (x)
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan
25. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi:
(1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat,
(2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan
(3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya,
langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara (x)
26 kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari
keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat
diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan
gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan
kejujuran adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar (x)
e. aktivitas belajar
27. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar (x)
e. aktivitas belajar
27. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi
dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM (x)
d. manfaat KKM
e. peran KKM
28.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM (x)
d. manfaat KKM
e. peran KKM
28.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk
memperoleh
informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan
teknik
penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan (x)
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio
a. tes perbuatan (x)
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio
29. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional (x)
30. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis (x)
e. perumusan indikator soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar