Senin, 03 Maret 2014

Teorema Yang Mengharukan

Pierre de Fermat

Pythagoras
  
 Assalamu Alaikum sahabatku yang SMART!
Apakah kalian tahu teorema yang dilontarkan Pierre de Fermat (1601 - 1665) ?
Teorema ini dikembangkan dari teorema Pythagoras yang sangat terkenal dalam kaidah Trigonometri dan Geometri itu loch.

Menurut Teorema Pythagoras, ada banyak pasangan bilangan a, b  dan  c yang memenuhi
c2 = a2 + b2 seperti 5, 4  dan 3 (beserta kelipatannya). Tapi Pierre de Fermat mengklaim tidak ada bilangan bulat a, b  dan  c yang memenuhi bentuk persamaan pangkat

cn = an+ bn, untuk n > 2. Namun pembuktiannya saat itu masih dipertanyakan. banyak ilmuan yang penasaran dengan teorema yang dilontarkan oleh Fermat tersebut. Akhirnya pada awal 1900-an, seorang Profesor Matematika asal Jerman yang bernama Paul Wolfskehl berusaha membuktikan teorema tersebut, namun GAGAL.  Rasa Frustrasi menyelimutinya, ditambah kekecewaan pada kekasihnya membuat ia ingin bunuh diri. Ketika waktu bunuh diri telah dekat, ia masih penasaran  dan mencoba lagi membuktikan Teorema Fermat sehingga dia lupa untuk bunuh diri. Sampai akhir hayatnya, teorema ini belum juga terbuktikan. Wolfskehl berwasiat, ia menyediakan uang sebesar 100.000 Mark bagi orang pertama yang mampu membuktikan teorema itu.

Pada tahun 1995, Dr. Andrew Wiles, Matematikawan dari UniversitasPrinceton, Inggris berhasil membuktikan Teorema Fermat dengan gemilang. Ia akhirnya mendapatkan hadiah sebesar 200.000  dolar dari Yayasan Raja Faisal di Arab Saudi pada tahun 1997. (Sumber: Perspektif Matematika-Platinum)

Sungguh mengharukan ya....

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini