Selasa, 05 April 2011

Prediksi UN


Indikator Menentukan Pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua premis yang diberikan

1.     Diberikan premis-premis berikut :
Premis 1 : Saya tidak pergi atau hari ini turun hujan
Premis 2 : Saya pergi
Kesimpulan yang sah dari premis diatas adalah …
A.    Hari ini turun hujan
B.    Hari ini tidak turun hujan
C.    Jika saya pergi maka hari ini tidak turun hujan
D.    Jika saya pergi maka hari ini turun hujan
E.    Jika saya tidak pergi maka hari ini hujan

2.     Diberikan premis-premis berikut :
Premis 1 : Jika gunung merapi meletus maka rakyat Yogyakarta berduka
Premis 2 : Jika rakyat Yogyakarta berduka maka semua rakyat Indonesia mengirimkan bantuan
Kesimpulan yang sah dari premis-premis diatas adalah …
A.    Jika gunung merapi meletus maka beberapa rakyat Indonesia mengirimkan bantuan
B.    Jika gunung merapi meletus maka beberapa rakyat Indonesia tidak mengirimkan bantuan
C.    Jika gunung merapi meletus maka semua rakyat Indonesia mengirimkan bantuan
D.    Jika gunung merapi meletus maka semua rakyat Indonesia tidak mengirimkan bantuan
E.    Jika gunung merapi meletus maka rakyat Yogyakarta berduka dan mendapat bantuan

3.     Diberikan premis-premis berikut :
Premis 1 : Jika hakim berlaku adil maka hukum dapat ditegakkan
Premis 2 : Hukum tidak dapat ditegakkan
Kesimpulan yang sah dari premis-premis diatas adalah …
A.    Hakim tidak berlaku adil
B.    Hakim berlaku adil
C.    Hakim berlaku adil dan hukum dapat ditegakkan
D.    Hakim berlaku adil atau hukum dapat ditegakkan
E.    Hakim tidak berlaku adil dan hukum tidak dapat ditegakkan

4.     Diberikan premis-premis berikut:
Premis 1:Jika pembangunan merata maka rakyat sejahtera
Premis 2:Rakyat tidak sejahtera
Kesimpulan yang sah dari premis premis tersebut adalah,,,
A. Pembangunan merata
B. Pembangunan merata dan rakyat sejahtera
C. Pembanguan tidak merata
D. Pembangunan tidak merata tetapi rakyat tidak sejahtera
E. Pembangunan merata tetapi rakyat tidak sejahtera

5.      Diketahui premis-premis berikut:
Premis 1:Jika ujian nasional dilaksanakan dengan jujur maka kualitas pendidikan meningkat
Premis 2:Jika kualitas pendidikan meningkat maka banyak sekolah gratis.
Kesimpulan yang sah dari premis-premis diatas adalah…
A. Kualitas pendidikan meningkat
B. Kualitas pendidikan meningkat dan banyak sekolah gratis
C. Jika kualitas pendidikan meningkat maka banyak sekolah gratis
D.Jika ujian nasional dilaksanakan dengan jujur maka banyak sekolah gratis
E.Ujian nasional dilaksanakan dengan tidak jujur dan sekolah mahal

6.     ”Jika guru mengajar dengan benar maka nilai ulangan siswa akan baik dan siswa akan lulus ujian.”
Negasi dari implikasi tersebut adalah…
A.Guru mengajar dengan benar tetapi nilai ulangan siswa tidak akan baik atau siswa tidak lulus ujian
B.Guru mengajar tidak benar dan siswa tidak lulus ujian
C.Siswa belajar baik tetapi tidak lulus ujian
D.Jika guru mengajar tidak benar maka siswa tidak lulus ujian
E.Jika guru mengajar dengan benar tetapi siswa tidak lulus ujian

7.     Diketahui premis-premis berikut:
Premis 1 :  Sari  tidak lulus tes atau  ia mendapat pekerjaan.
Premis 2 : Sari lulus tes
Kesimpulan yang sah dari kedua premis diatas adalah …
A.    Sari mendapat pekerjaan
B.    Sari tidak mendapat pekerjaan
C.    Sari  tidak  lulus tes
D.    Sari lulus tes dan mendapat pekerjaan
E.    Sari lulus tes  dan tidak mendapat   pekerjaan

8.     Diketahui premis-premis:
   1) Jika masyarakat mentaati peraturan  atau  patuh pada pemerintah, maka negara  aman
2) Negara tidak  aman
Kesimpulan yang sah adalah …
A.    Masyarakat mentaati peraturan atau   masyarakat patuh pada pemerintah
B.    Masyarakat  mentaati peraturan dan masyarakat patuh pada pemerintah
C.    Masyarakat tidak mentaati peraturan atau   masyarakat patuh pada pemerintah.
D.    Masyarakat  tidak mentaati peraturan dan masyarakat patuh pada pemerintah
E.    Masyarakat  tidak mentaati peraturan dan masyarakat tidak patuh pada pemerintah

9.     “Jika Joko  rajin belajar, maka ia pandai
“Joko tidak pandai  atau ia juara kelas
Kesimpulan yang sah dari premis-premis di atas adalah ....
A.    Joko tidak rajin belajar tetapi ia juara kelas
B.    Joko rajin belajar  tetapi ia tidak juara kelas.
C.    Joko rajin belajar atau ia juara kelas
D.    Joko tidak rajin belajar atau  ia juara kelas
E.    Joko  rajin belajar atau  ia juara kelas

2. Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar


10.  Bentuk sederhana dari  adalah …
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   

11.  Bentuk sederhana dari  adalah …
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   

12. 
A.                        
B.                         
C.                              
D.     
E.   

13.  Jika  dan , maka nilai x + y = ….
A.    4
B.    7
C.    12
D.    24
E.    32
14.  Bentuk sederhana dari   adalah…
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   

15.  Hasil operasi dari 
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   




 3. Menyelesaikan Persamaan Logaritma

16.  Nilai dari
A.    1
B.    2
C.    4
D.    5
E.    8

17.  Jika   dan  maka nilai dari  …
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   

18.  Jika diketahui    dan   maka 
A.
B.
C.
D.
E.

19.  Jika    maka nilai x adalah…
A.    2
B.    3
C.    4
D.    5
E.    6
20.  Jika , maka =.......
A.    2 atau 5                                 
B.     atau
C.     atau                           
D.    4 atau 32
E.     -2 atau 2
21.  Nilai x yang memenuhi  adalah ...
A.         6
B.         12
C.         14
D.         24
E.         124

4. Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat

22.  Diketahui fungsi kuadrat f(x) = (1+p)x2 – 3x – 1  menyinggung garis y = x – 2 . Nilai p yang memenuhi adalah …
A.    – 2
B.    – 1
C.    1
D.    2
E.    3

23.  Diketahui grafik fungsi kuadrat y = 3x2 – 9x +1 memotong garis y = (a + 1) x – 2 disatu titik , maka salah satu nilai a = …
A.    – 1
B.    – 2
C.    – 3
D.    – 4
E.    – 5

24.  Grafik fungsi kuadrat    menyinggung garis  y = 4x +2  dan p > 0 , maka nilai p=…
A.    2
B.    4
C.    6
D.    8
E.    12
25.  Garis y= x – 2  memotong grafik fungsi kuadrat  f(x)=-x2 +(a+3)x – 6 di dua titik, maka nilai a adalah…
A.    -6<a<2
B.    a>-6 dan a<2
C.    a>-2 atau a<-6
D.    a<-6 atau a>2
E.    a≤-6 atau a≥2
26. Jika garis memotong parabola  maka batas-batas nilai p =…
A.    atau
B.   
C.   
D.   
E.     atau
27. Garis meyinggung parabola  , maka nilai m adalah…………….
A.    -7
B.    -3
C.    -1
D.    6
E.    7
5. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari persamaan kuadrat  
26.  Akar-akar persamaan kuadrat x2 – 3x + (p + 5) = 0  adalah a dan b. Jika 7ab = 13, maka nilai p = …
A.    3
B.    2
C.    – 3
D.    – 2
E.    – 1

27.  Selisih kuadrat akar-akar persamaan x2 – 2x +(4p – 1)= 0  adalah 8, maka nilai p = …
A.    – 1
B.   
C.    1
D.    2
E.    3

28.  Jika x1  dan  x2  adalah akar-akar dari persamaan kuadrat y = 2x2 – px +4. Nilai p yang memenuhi  persamaan kuadrat tersebut jika p>0  dan x­1 = 2x2    adalah…
A.    6
B.    5
C.    4
D.    3
E.    2


29.  Persamaan kuadrat y = (a-1)x2 – 3x – 5, mempunyai akar- akar yang saling berkebalikan, maka   nilai  a adalah…
A.    4
B.    – 1
C.    – 2
D.    – 3
E.    – 4

30.  Jika akar-akar persamaan kuadrat :   adalah  dan  dan ,
      maka nilai k = ....
A.    -6      
B.    -3
C.    3
D.    4
E.   

31.  Jika x1 dan x2 akar-akar persamaan kuadrat  dan , maka nilai p adalah ….

  1. 2
  2. 4         
  3. 6
  4. 8
  5. 12


6. Menentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linier dengan akar-akar persamaan kuadrat yang diketahui

32.  Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya dua kurangnya dari akar-akar persamaan 2x2 – 3x + 1 = 0 adalah …
A.    2x2 – 11x + 15 = 0
B.    2x2 + 11x + 15 = 0
C.    2x2 + 11x – 15 = 0
D.    2x2 + 5x + 3 = 0
E.    2x2 – 5x – 3 = 0

33.  Persamaan kuadrat x2 – 2x – 3 = 0 memiliki akar-akar x1 dan x2. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (x1 + 3) dan (x2 + 3) adalah …
A.    x2 – 8x + 12 = 0
B.    x2 – 8x – 12 = 0
C.    x2 + 8x – 12 = 0
D.    x2 + 12 x – 8 = 0
E.    x2 – 12x – 8 = 0

34.  Persamaan kuadrat  y = 2x2 + 4x – 6 mempunyai akar-akar α dan β .Persamaan kuadrat baru yang            akar-akarnya 2α – 1 dan 2β – 1 adalah…
A.    y = x2 - 6x – 15
B.    y = x2+ 6x – 15
C.    y = x2 + 3x – 5
D.    y = x2 – 3x + 5
E.    y = x2 + 3x – 6

35.  Jika  α dan β adalah akar-akar dari persamaan kuadrat  y = - x2 + 3x – 5, maka persamaan kuadrat      baru yang akar-akarya α + 1 dan β + 1 adalah…
A.    y = x2 – 5x + 9
B.    y = x2 – 5x – 9
C.    y = x2 – 3x + 9
D.    y = x2 – 9x + 8
E.    y = x2 – 5x + 8

36.   Jika x1 dan x2 akar-akar persamaan kuadrat maka persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (2x1 - 1) dan (2x2 - 1) adalah  ….

  1.    

37.  Akar-akar persamaan adalah α dan β, persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya
 dan  adalah ....
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   

13. Menentukan sudut antara dua vektor

38.  Diketahu vektor   dan .  Besar sudut antara vektor  dan  adalah...
A.    30o
B.    45o
C.    60o
D.    90o
E.    180o
Kunci  :  C
39.  Diketahui segitiga PQR dengan P(0, 1, 4), Q(2, -3, 2), dan R(-1, 0, 2).  Besar sudut PRQ adalah...
A.    30o
B.    45o
C.    60o
D.    90o
E.    120o
Kunci  :  D

40.   Diketahui segitiga ABC, dengan titik A(1,2,5), B(0,1,3),  dan C(3,-2,3).
Besar sudut B adalah….
      A. 120o                           
      B. 90o                                              
      C. 60o
      D. 45o                             
      E. 30o


41.   Sudut antara vektor      dan  vektor   adalah . . .
  A. –120o
 B.  120o
 C.    90o
 D.    60o
 E.    30o

14. Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi
42.  Diketahui vektor  dan .  Panjang proyeksi skalar  pada  adalah...
A.    -2
B.    0
C.    2
D.    5
E.    10
Kunci  : C
43.  Diketahui vektor   dan .  Proyeksi vektor pada  adalah...
A.  
B.  
C.  
D. 
E.  
Kunci  :  B

44.   Panjang proyeksi ortogonal a = pi + 2j + 4 pada    b = 2i + pj + k adalah 4.
    Nilai  p yang   memenuhi adalah ….
A.   2                                         
B.    ½
C.    – ½
D.   – 2
E.    – 4

45.   Diketahui  vektor   dan vektor   .
    Proyeksi  vektor orthogonal  pada  adalah ….
      A. - i - j – 2k                        
      B. i + j + 2k
      C.  – i  + 3j + 2k                            
      D.   i – 3j – 2k
      E.  4i – 12j – 8k

15. Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi
46.  Titik R (-3,2) dicerminkan terhadap garis y = x, dilanjutkan refleksi terhadap sumbu x, maka bayangannya adalah...
A.    R” (-2, 3)
B.    R” (2, -3)
C.    R” (3, 2)
D.    R” (3, -2)
E.    R” (2, 3)
Kunci  :  E
47.  Persamaan bayangan garis 3x – 2y + 1 = 0 oleh pencerminan terhadap garis y = x, dilanjutkan rotasi sejauh  adalah...
A.    3x – 2y – 1 = 0
B.    3x + 2y – 1 = 0
C.    2x – 3y + 1 = 0
D.    2x – 3y – 1 = 0
E.    2x + 2y + 1 = 0
Kunci  :  B
48.  Bayangan titik P (4, -1) jika dirotasikan  dilanjutkan translasi T =  adalah…
A.    (3, -1)
B.    (1, 4)
C.    (4, 1)
D.    (3, 1)
E.    (1, -4)
Kunci  :  A

49.   Bayangan garis 2x + 3y + 4 = 0 oleh pencerminan terhadap garis y = - x, dilanjutkan 
    transformasi yang    bersesuaian dengan matriks  adalah ….
      A. 8x + y – 12 = 0                        
      B. 8x + y + 12 = 0
      C. 8x – y – 12 = 0                        
      D. 8x + y – 18 = 0
      E. 8x + y – 20 = 0

50.   Persamaan bayangan garis y = 3 – x  jika dicerminkan terhadap sumbu Y kemudian  
    dicerminkan terhadap sumbu X adalah ....
A.     – x + y = – 3
B.     x – y = – 3
C.     x + y = – 3
D.     x + y = 3
E.      x – y = 3


16. Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen atau logaritma
51.  Jika  maka  adalah.....
A.   
B.    
C.    
D.   
E.    
Kunci : E

52.  Diketahui f (x) = 3log (x2 – 4x) maka adalah......
A.   
B.   
C.   
D.   
E.   
Kunci : A

53.   Diketahui ,  jika  adalah invers dari
     maka = ….
      A. 2  –                  
      B. 2  +
      C. 2  – 1                                    
      D. 22x – 1
      E. 2x – 1

17. Menentukan suku ke-n dari deret aritmatika
54.  Suatu Deret aritmatika, diketahui jumlah lima suku pertama adalah 35  dan  jumlah empat suku pertama adalah 24.  Suku ke-15 adalah…
A.    11
B.    25
C.    31
D.    33
E.    59
Kunci  :  C
55.  Dari suatu barisan aritmatika, suku ketiga adalah 36, jumlah suku ke-5 dan ke-7 adalah 144.  Jumlah sepuluh suku pertama deret tersebut adalah…
A.    840
B.    660
C.    640
D.    630
E.    315
Kunci  :  B
56.   Suku ketiga dari deret aritmatika adalah 9, sedangkan jumlah suku kelima dan 
     ketujuh adalah 36. Suku  kelimabelas dari deret tersebut adalah ....

A.      36
B.      40
C.      45
D.      50
E.       55

57.    Jumlah 10 suku pertama deret aritmatika adalah 155.   Jika suku keempat deret itu  
     adalah 11 maka suku ke-51 deret itu adalah….
      A. 148                             
      B. 149                                             
      C. 150
      D. 152                             
      E. 155

18. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika atau geometri
58.  Sebuah  kayu dibagi menjadi 10 bagian.  Panjang masing-masing bagian membentuk deret aritmatika.  Jika potongan kayu terpendek 40 cm dan terpanjang 220 cm, maka panjang kayu semula adalah...cm
A.    800
B.    1.000
C.    1.100
D.    1.200
E.    1.300
59.  Sebuah bola jatuh dari ketinggian 10 m dan memantul kembali dengan ketinggian  kali tinggi sebelumnya, begitu seterusnya hingga bola berhenti.  Panjang lintasan bola tersebut adalah...
A.    65 m
B.    70 m
C.    75 m
D.    77 m
E.    80 m
Kunci   :  B
60.   Jumlah n suku pertama suatu deret geometri ditentukan oleh rumus   
      rasio dari deret tersebut adalah ....
A.      8
B.      4
C.      2
D.      ½
E.       - ½

61.  Suku pertama deret geometri tak hingga adalah 7. Jumlah suku yang bernomor ganjil adalah16, maka jumlah deret geometri tak hiungga tersebut untuk ratio positif adalah  ....
      A. 25                               
      B. 28               
      C. 30     
      D.32                                
      E. 43

19. Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang
62. Panjang rusuk kubus ABCD.EFGH adalah 6 cm. Jarak titik E ke bidang BDG adalah………
A.       
B.           
C.        
D.           
E.  

63.  Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm. titik P dan Q berturut – turutadalah titik tengah EF dan GH.  Jika α sudut yang terbentuk oleh bidang BCQP dan ADQP, berapa nilai dari Sin α………
A.         
B.          
C.            
D.          
E.    



64. Tentukan jarak titik A ke bidang BCD pada bidang empat beratutan A.BCD dengan panjang rusuk 18 cm.
A.         
B.           
C.         
D.           
E.    
22. Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri
65. Himpunan penyelesaian dari sin x0 -  cos x0 + 1 = 0, untuk 00 < α < 360o adalah……
A.       
B.         
C.         
D.       
E.    
23. Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangen
66. Ditentukan sin2 B = 9/10, untuk 900 < 2B < 1800, nilai tan 2B = ………
A.       
B.          
C.         
D.         
E.    

67. Nilai dari cos 1600 + cos 800 + cos 400 adalah………
A.  
B.            
C.       
D.         
E.    


68. Diketahui tan α = 1/2 dan tan β = 1/3  (00 < α < 1800) dan (00 < β < 1800). Nilai dari tan ( 2 α + β ) adalah……
A.   3   
B.    -3    
C.    0    
D.    2   
E.    -2

24. Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
69. Nilai dari  adalah………
A.   1   
B.       
C.         
D.         
E.    -1
70. Nilai dari =………
A.   0     
B.    3     
C.    12    
D.     2     
E.    6
71. Nilai dari =………
A.   1     
B.    0     
C.    2     
D.   ∞     
E.    
72. Nilai dari =………
A.   – 1    
B.    2     
C.   -2      
D.    0   
E.    1

73. Nilai dari =………
A.   1    
B.   1/2    
C.   1/4    
D.    1/8    
E.    0

INDIKATOR 25 : MENENTUKAN PENYELESAIAN DARI SOAL APLIKASI TURUNAN FUNGSI
1.     Seorang polisi peluru dari pistolnya mengarah ke atas, peluru tersebut dirumuskan dengan (p dalam meter), maka jarak maksimum yang dicapai peluru setelah x detik .
A.   270
B.   223
C.   210
D.    205
E.     200
2.     Ana membuat tempat kue tanpa tutup agar menampung kue sebanyak-banyaknya, maka besar tinggi tempat kue tersebut dari kertas karton. Diketahui selembar karton  berbentuk persegi yang lebarnya 300 cm seperti gambar berikut
                                      A. 5
                                      B. 4
                                      C. 3
                                      D. 2
.                                   E. 1

INDIKATOR 26 : MENGHITUNG INTEGRAL TAK TENTU DAN INTEGRAL TERTENTU FUNGSI ALJABAR DAN FUNGSI TRIGONOMETRI
3.     Diketahui  tentukan hasil pengintegralan dari  
A.  
B.  
C.  
D.   
E.    
4.     Hasil pengintegralan dari
A..
B.
C.
D.
E.
5.     Diketahui  dan  tentukan hasil pengintegralan dari  
A.  
B.  
C.  
D.   
E.    
6.     Hasil pengintegralan dari
A..
B.
C.
D.
E.
INDIKATOR 27 : MENGHITUNG LUAS DAERAH DAN VOLUME BENDA PUTAR DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRAL
7.     Luas daerah yang diketahui  dengan batas x = 1 dan x = 3 adalah ...
A.   24 satuan luas
B.   25 satuan luas
C.   26 satuan luas
D.   27 satuan luas
E.   28 satuan luas

8.     Perhatikan grafik berikut dengan batas x = 0 dan x = 2 luas daerah yang diarsir adalah ...
y
x
F(x) = 5x2+2
0
                                                                     A.  satuan luas
                                                                     B.  satuan luas
                                                                     C.  satuan luas
                                                                     D.  satuan luas
                                                                     E.  satuan luas
9.     Seorang murid melontarkan bola plastik yang diikat dengan tali dirumuskan   dan batas . Volum lintasan bola plastik yang dilontarkan tersebut adalah...
A.   satuan volume
B.   satuan volume
C.   satuan volume
D.    satuan volume
E.     satuan volume
10.   Perhatikan grafik berikut dengan batas x = 0 dan x = 3 volum daerah yang diarsir yang diputar mengelilingi sumbu X adalah ...
x
y
F(x) = 4x
                                                            A..
                                                            B.
                                                            C.
                                                            D.
                                                            E.



INDIKATOR 28: MENGHITUNG UKURAN PEMUSATAN DARI SUATU DATA DALAM BENTUK TABEL, DIAGRAM, ATAU GRAFIK
11.   Diketahui jumlah penduduk daerah jawa yang terkena banjir lahar dingin berdasarkan jumlah anggota keluarga per ”Kartu Keluarga” Mean jumlah penduduk yang terkena manjir lahar dingin adalah ...
anggota
frekuensi


3
5

A. 1.04
4
6

B. 2.04
5
4

C. 3.04
6
3

D.  4.04
7
7

E. 5.04

12.   Diketahui jumlah ulangan matematika semster ganjil kelas xi ips SMA  X, perhatikan tabel kelompok dibawah. Median dari kelompok ulangan matematika tersebut adalah ...
Nilai
frekuensi


10 - 20
4

A.
30 - 40
36

B.
50 - 60
26

C.
70 - 80
30

D. 
90 – 100
34

E.
13.  
X
Y
65.5
55.55

45.5
35.5
24.5
3
8
5
4
Text Box: SAUKIText Box: HERMANText Box: HERLANIText Box: EDIPemilu walikota bandar lampung. Berdasarkan gambar diagram batang berikut. Modus dari pemilu walikota tersebut adalah ....












A.
B.
C. 
. D.
E.

14. 
X
Y
60.5
50.55

40.5
30.55
20.5
3
8
5
4
Text Box: manggaText Box: rambutanText Box: pepayaIText Box: jambuPedagang buah-buahan dalam perharinya menjual dagangannya seperti histrogram berikut. Dan berdasarkan diagram tersebut kuatil atas adalah ...












A.
B.
C.
D.
E.



INDIKATOR 29 : MENGGUNAKAN KAIDAH PENCACAHAN, PERMUTASI ATAU KOMBINASI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT
15.   Seorang anak ingin melakukan perjalan dari jakarta menuju bandung, ada dua alternatif jalur yang bisa dilaluinya melalui puncak maupun sukabumi. Jika anak tersebut melalui sukabumi ada 3 alternatif jalur. Dan jika melalui ouncak ada 2 alternatif jalur. Berapa banyak jalur yang dilalui anak tersebut adalah ...
A.   5 cara
B.   6 cara
C.   7 cara
D.   8 cara
E. 9 cara

16.   Berapa banyak susunan huruf dari kata ARTOMORO.Jika cara pengambikan huruf tersebut memperhatikan huruf yang sama dalah ...
      A.
      B.
      C.
      D.
E.
17.   Dalam sebuah kotak ada 10 bola bekel. Berapa banyak cara yang dapat diambil siswa jika setiap penggambilan bola tersebut sebanyak 4 buah tetap sengan syarat bola bekel tersebut tidak boleh berulang adalah ...
A.   45 cara
B.   46 cara
C.   47 cara
D.   48 cara
E.   49 cara

INDIKATOR 30 : MENGHITUNG PELUANG SUATU KEJADIAN
18.   Seorang anak dan teman-temannya bermain monopoli benda yang digunakan adalah 2 buah dadu. Setiap anak mendapat giliran terlebih dahulu pelemparan 2 dadu tersebut. Peluang munculnya jumlah angka 4 adalah ...
A.
      B.
      C.
      D.
E.
19.   Dalam sebuah kaleng ada 10 bola bekel. 2 bola berwarna merah dan 8 berwarna biru. Berapa banyak cara yang dapat diambil siswa jika setiap penggambilan bola tersebut sebanyak 4 buah tetapi dengan syarat bola bekel 2 warna merah dan 2 warna biru tersebut adalah ...
A.   25 cara
B.   26 cara
C.   27 cara
D.    28 cara
E.     29 cara
20.Dalam suatu lemari terdapat 10 baju dan 5 celana panjang. Berapa banyak cara baju dan celana tersebut dipakai jika 3 baju atau 2 celana selalu dipakai adalah ...
  1. 125 cara
  2. 126 cara
  3. 128 cara
  4. 129 cara
  5. 130 cara
20.   Seorang anak dan teman-temannya bermain monopoli benda yang digunakan adalah 2 buah dadu. Setiap anak mendapat giliran terlebih dahulu pelemparan 2 dadu tersebut. Peluang munculnya jumlah angka 4 adalah ...
A.
      B.
      C.
      D.
E.
21.   Dalam sebuah kaleng ada 10 bola bekel. 2 bola berwarna merah dan 8 berwarna biru. Berapa banyak cara yang dapat diambil siswa jika setiap penggambilan bola tersebut sebanyak 4 buah tetapi dengan syarat bola bekel 2 warna merah dan 2 warna biru tersebut adalah ...
A.   25 cara
B.   26 cara
C.   27 cara
D.   28 cara
E.   29 cara


22.   Seorang anak dan teman-temannya bermain monopoli benda yang digunakan adalah 2 buah dadu. Setiap anak mendapat giliran terlebih dahulu pelemparan 2 dadu tersebut. Peluang munculnya jumlah angka 4 adalah ...
A.
      B.
      C.
      D.
E.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini